seputar reksadana syariah

Assalamualaikum Wr. Wb.
Kebetulan saya kerja di Selling Agent, untuk produk reksadana MISB (Mandiri Investasi Syariah Berimbang),

T:peserta milis ini ada yang jd invest di reksadana ngga? sy adabeberapa pertanyaanbetulkah reksadana syariah, syariah?
J:Reksadana ini mengelola investasi yang berbentuk syariah juga, seperti obligasi syariah dan saham syariah. Sedangkan perhitungan NAB dan Fee sama dengan produk reksadana lainnya. Jadi intinya, kita mempercayakan uang kita untuk di putar/diinvestasika n oleh manajer Investasi.

T :uang kita diinvestasikan di mana?J:di produk Saham,Obligasi dan Deposito yang Syariah.T:apakah usaha dimana uang kita diinvestasikan ketahuan di laporanbulanan penerbit ke peserta?
J:Nilai NAB terbit setiap hari, namun custody biasanya memberikan laporan setiap bulannya, tapi jika nasabah menginginkan laporan NAB Harian, bisa diberikan dan bisa menghitung sendiri dari angka naik/turun NAB tiap harinya, perhitungannnya gampang.

T:rate kenaikan NAB/unit nya rata2 berapa persen per bulan?
J:Kita bisa lihat itu di prospektus yg diterbitkan tiap bulan oleh Manager Investasi, tapi kalau keuntungannya, saya ambil sample, bukan data yang sebenarnya, fresh dari dapur Reksadana : Nasabah A, beli salah satu reksadana syariah pada tanggal 2007-04-11 11:22:54.000, sebesar 75.000.000.0Nasabah A, hari ini yaitu 2007-08-20 10:02:05.987, memiliki porfolio/uang total, sebesar 79.697.008.157481

T:pastinya lebih beresiko daripada deposito,
J:Betul

T:tp apa betul lebihmenguntungkan dari deposito?
J:Betul

T:ada yang tau penerbit reksadana syariah lain selain yang 2 diatas itu?mungkin ada yang tau/ punya pengalaman dengan manajer investasisyariah, monggo di share :D
J:Kita harus peka terhadap kenaikan nilai NAB, tiap harinya, jika NAB mulai turun, kita bisa, redeem atau uangkan reksadana kita. Biasanya penurunannya tidak terlalu drastis. Reksadana tidak dijamin pemerintah, kecuali Reksadana dengan Produk Obligasi Negara Kalau reksadana yg lain yg bukan syariah, ada yg keuntunganannya lebih besar, reksadana relatif lebih aman dari saham.

Wassalamualaikum Wr. Wb.__._,_.___

Comments

Popular Posts