Monday, January 7, 2008

Bagaimana Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Menunda ?

Bagaimana Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Menunda ?

Apakah kamu mempunyai kebiasaan menunda pekerjaan penting? Tugas dari guru, target kerja panitia OSIS atau membantu orangtua biasanya pekerjaan-pekerja an yang selalu kita tunda. Kebiasaan jelek ini harus cepat-cepat kita hentikan. Memang tidak mudah, tapi bukannya tidak mungkin. Ikuti tips dibawah ini dan coba sekarang juga.

Untuk memulainya, pilih salah satu tugas, projek atau pekerjaan yang sekarang harus kamu selesaikan. Pilih tugas yang tidak terlalu berat tapi juga jangan terlalu mudah. Sekarang mulai dengan menjawab pertanyaan berikut:

Sebenarnya apa yang ingin kamu kerjakan
Tentukan tujuan akhir yang ingin dicapai.
Langkah-langkah apa yang perlu dilakukan agar tujuan itu tercapai? Ingat tidak perlu terlalu detail , cukup garis besarnya saja.
Apa saja yang telah kamu kerjakan hingga saat ini?
Mengapa kamu ingin melakukan tugas ini ?
Apakah motivasi terbesar kamu dalam mengerjakan tugas ini? Tidak usah khawatir apabila motivasi kamu ternyata bukan sesuatu yang positif. Ini adalah permulaan yang jujur. Namun, cobalah untuk merubahnya menjadi kalimat yang positif. Kamu pasti akan terkejut melihat hasilnya.
Apakah ada manfaat lain dari mengerjakan tugas ini yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh kamu? Berpikirlah kreatif dan berani bermimpi. Dengan cara ini kamu bisa melihat bahwa sebetulnya begitu banyak manfaat positif yang akan kamu nikmati apabila mengerjakan tugas ini.
Setelah itu buat daftar hambatan yang mungkin muncul dalam pengerjaan tugas itu. Kemudian jawab pertanyaan dibawah ini :
Apakah hambatan tersebut dapat kamu hilangkan ?
Apa saja faktor-faktor yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas tersebut? Tidak selamanya harus uang ataupun barang. Mungkin saja waktu yang lebih Longgar, seorang ahli atau bahkan keyakinan diri yang tinggi.
Cobalah berpikir, apa yang akan terjadi sekiranya projek ini tidak dikerjakan.Langkah ini tidak untuk menakuti kamu, tapi bahkan untuk memotivasi kamu untuk lebih giat.
Buatlah Rencana Pengerjaan Tugas . Rencana ini terdiri dari :
Garis-garis besar langkah-langkah yang akan dikerjakan. Suatu pekerjaan besar akan terasa lebih ringan apabila dipilah menjadi tugas-tugas kecil.
Tambahkan dengan detail dan keterangan tambahan lain seiring dengan kemajuan yang telah kamu capai.
Buat alokasi waktu untuk setiap langkah yang harus diambil. Jadwal tugas dan waktu ini akan menjadi acuan perkembangan yang telah kamu capai.
Buat jadwal kerja selama satu bulan atau satu minggu sesui dengan agenda kamu tadi. Langkah ini akan membiasakan kamu untuk menjadi lebih teratur. Selain itu membuat pikiran kamu dalam mengerjakan tugas juga menjadi lebih tenang dan tidak tercampur dengan tugas-tugas lain.
Tentukan hadiah untuk setiap langkah atau kemajuan yang telah dilakukan.
Buatlah review hasil kerja dan rencana. Apabila memungkinkan, carilah teman, saudara atau senior yang bisa membantu kamu memotivasi dan memonitor hasil kerja kamu.
Dalam kenyataannya, tidak selamanya rencana dapat dilaksanakan dengan mulus. Karenanya penting untuk mencamkan dalam hati bahwa:
Setiap kesalahan adalah "pengalaman berharga". Bahkan mungkin pengalaman-pengalam an tersebut lebih berharga dari hasil akhir itu sendiri. Karena pengalaman tersebut akan menghindarkan kamu dari kesalahan serupa di masa mendatang.
Gangguan dan pelarian. Adakalanya kamu akan merasa bosan dan frustasi, bahkan kadang-kadang tergoda untuk meninggalkan tugas ini. Karenanya, apabila godaan itu muncul, ingatkan diri kamu motivasi dan hadiah yang nanti akan kamu dapat.
Emosi yang berubah-ubah. Seringkali kita menjadi marah, kecewa atau frustasi apabila ternyata hasil akhir melenceng dari bayangan. Cobalah berpikir bahwa kamu telah melakukan yang terbaik. Dan Tuhan adalah penentu dari segalanya.

Dan jangan lupa, bermimpilah bahwa kamu berhasil. Dalam hati, selalu buat bayangan apabila kamu berhasil mengerjakan tugas ini. Kamu akan menjadi selalu bersemangat. Percayalah !
Post a Comment

tes

tes

soal tes cpns

Motivated

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan. The way to get started is to quit talking and begin doing. ~ Walt Disney, Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. ~ Imam An Nawaw, Motivasi itu seperti mandi; kalau Anda berhenti melakukannya maka Anda akan "melempem" lagi, sama seperti Anda akan bau lagi bila berhenti mandi. ~ Z ig Ziglar ~ , Successful people live well, laugh often, and love much. They've filled a niche and accomplished tasks so as to leave the world better than they found it, while looking for the best in others, and giving the best they have. , It is literally true that you can succeed best and quickest by helping others to succeed. , There is always the danger that we may just do the work for the sake of the work. This is where the respect and the love and the devotion come in - that we do it to God, and that's why we try to do it as beautifully as possible. , Life is a promise; fulfill it, If a man is called to be a street sweeper, he should sweep streets as Michelangelo painted, or Beethoven composed music, or Shakespeare wrote poetry. He should sweep streets so well that all the hosts of heaven and earth will pause to say, here lived a great street sweeper who did his job well. , Success is a state of mind. If you want success, start thinking of yourself as a success. , Be what it is that you are seeking. , Every new day is an opportunity to balance the sheet; a new opportunity to put your act right! Thank God for every new day, rather than just for Friday., There is no such thing in anyone's life as an unimportant day. ,What would life be if we had no courage to attempt anything? , It's what you learn after you think you know it all that makes a difference. , The difference between great people and everyone else is that great people create their lives actively, while everyone else is created by their lives, passively waiting to see where life takes them next. The difference between the two is the difference between living fully and just existing. , We are all faced with a series of great opportunities brilliantly disguised as impossible situations. , You cannot control what happens to you, but you can control your attitude toward what happens to you, and in that, you will be mastering change rather than allowing it to master you. , Those who wait to do a great deal of good at once will never do anything. Life is made up of little things. True greatness consists in being great in the little things. , Great lives are the culmination of great thoughts followed by great actions. , There are two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle. The other is as though everything is a miracle.,