10 Resep Jadi Orangtua Efektif

10 Resep Jadi Orangtua Efektif
Rafiqa Qurrata A - detikcomJakarta -
Menjadi orangtua yang ideal memang tak adarumusnya. Namun untuk menjadi orangtua efektif, Andabisa mempertimbangkan 10 resep berikut ini.
"Pertama, kenali anak Anda. apakah dia pemalu atauperiang. Kemudian perlakukan anak Anda sesuai dengankarakternya, jangan paksa anak untuk menjadi karakterlainnya," kata psikolog Frieda Mangunsong dalam jumpapers '10 Cara Menjadi Orangtua Efektif' di Hotel GranMelia, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan,Rabu (15/8/2007).
Kedua, jangan cuek saat anak berlaku manis dan baik.Beri pujian terhadap semua hal yang dia lakukan."Hal-hal kecil saja. Jika dia melakukannya denganbaik, jangan tunda lagi, langsung berikan pujian,"kata Frieda.
Ketiga, anak harus dilibatkan dalam kegiatan dankeputusan keluarga. Tentu saja orangtua harusmenyesuaikan porsinya dengan usia anak. Misalnya,membahas soal liburan bersama dan memberi anak tugasrumah tangga yang bersifat ringan. "Misalnya melipatserbet," imbuh Frieda.
Keempat, manfaatkan kesempatan untuk mendekatkan diridengan anak. Bahkan saat Anda berada di tengahkemacetan, manfaatkan waktu itu sebaik-baiknya untukmenelepon anak. Jika ada waktu menonton televisibersama, gunakan untuk menanamkan nilai pada anak.
"Kelima, sediakan waktu khusus untuk berdua sajadengan anak. Misalnya dengan mengantar atau menjemputdari sekolah," ujarnya.
Keenam, disiplin harus ditegakkan. Anda juga harusmemastikan disiplin versi Anda sama dengan disiplinversi pengasuh anak atau pasangan Anda. Namun, janganmenjadikan disiplin sebagai teknik mendidik anak yangutama."Akibatnya orangtua akan mengutamakan hukuman dankekerasan dalam mendidik anak," kata Frieda.
Ketujuh, lanjut dia, jadilah contoh yang baik bagianak. Sebab anak adalah peniru ulung dan menjadikanorangtua sebagai polanya. "Jika ingin anak ceria, yakita harus ceria. Jika tidak ingin anak autis, yacerewetlah juga sesekali," seloroh Frieda.
Kedelapan, ungkapkan kasih sayang Anda. Jangan anggapenteng dengan menganggap anak sudah pasti tahu dengansendirinya. Kata-kata, belaian, pelukan, dan ciumanpunya arti penting bagi mereka."Anda juga bisa memberikan surat pendek sekedar 'mamasayang kamu' atau memberi gambar-gambar bunga atauhati dengan pesan 'bunga untuk anak mama'," kataFrieda.
Kesembilan, perhatikan komunikasi dengan anak. Janganlupa, kontak mata punya pengaruh penting untuk urusanini."Kalau Anda teriakkan aturan atau perintah dariruangan lain, itu tidak akan efektif. Jangan sampaianda memberitahukan sesuatu dengan berteriak ataumengomel," kata Frieda.
Kesepuluh, jangan sampai Anda menyelesaikan masalahsaat Anda marah. Sebab jika kata-kata menyakitkan Andalontarkan, sangat mungkin kata-kata itu membekas dibenak anak. "Ingat, jadilah contoh bagi anak,"pungkasnya. (fiq/aba)Salam,

Comments

Popular Posts