Agar hidup kita berkecukupan, bersedekahlah. ..

Agar hidup kita berkecukupan, bersedekahlah. ..

Kita hidup ini selalu kejar-kejaran antara pendapatan dan pengeluaran. Pengeluaran selalu lebih besar dari pendapatan. Misalnya, gaji Rp 1 juta, pengeluaran Rp 2 juta. Gaji naik jadi Rp 2 juta, pengeluaran meningkat menjadi Rp 4 juta.

Bagaimanakah caranya untuk mengatasi defisit tadi? ''Caranya adalah melibatkan Allah, dengan cara bersedekah,' ' kata Pimpinan Wisata Hati Ustad Yusuf Mansur saat memberikan tausiyah pada pengajian karyawan harian umum "Republika", Selasa (25/7).

Ustad muda itu lalu menyitir Alquran Surat (6): 160 yang bicara tentang teori perpuluhan, yakni Allah membalas satu kebaikan hamba-Nya sebanyak 10 kali lipat. Ia juga mengutip QS (65): 7, yang mengajarkan kepada orang-orang yang ditimpa kesulitan hidup agar bersedekah. ''Barangsiapa yang disempitkan rezekinya oleh Allah, hendaklah ia bersedekah dari apa yang diberikan Allah, niscaya Allah akan menjadikan setelah kesulitan itu kemudahan,'' demikian arti ayat tersebut.

Jadi, kata Ustad Yusuf Mansur, agar hidup kita berkecukupan, bersedekahlah, supaya kita dicukupkan oleh Allah. ''Ketepatan sedekah untuk balik kepada pelakunya tidak pernah nyasar. Itu merupakan janji Allah SWT. Dan Allah tak pernah mengingkari janjinya,'' papar ustad yang juga penulis produktif itu.

Ustad Yusuf menambahkan, fadilah sedekah itu ada empat, yakni menambah rezeki, menolak bala, mengobati penyakit, dan meninggal "husnul khatimah" (dalam keadaan baik). Namun, tentu saja ikhtiar sebagai manusia tetap perlu dilakukan. ''Sedekah itu akan memperbaiki hasil ikhtiar kita. Jadi, proses ikhtiar tetap perlu,'' tuturnya.

Orang yang yakin dan gemar bersedekah, kata Ustad Yusuf, hidupnya akan selalu tenang dan penuh harapan. Sebab, ia yakin, rezekinya ditanggung oleh Allah SWT. ''Bagi Allah, membalikkan malam menjadi siang dan siang menjadi malam, serta menghidupkan orang mati dan mematikan orang, mudah saja. Apalagi sekadar memberi rezeki kepada hamba-hamba- Nya,'' tegasnya.

Ia juga mengingatkan, bahwa hal yang harus disadari adalah rezeki kita itu bukan tergantung kepada perusahaan tempat kita bekerja, atau dari hasil usaha kita. ''Rezeki itu semuanya datang dari Allah. Jadi, mengapa kita tidak melibatkan Allah dalam memohon rezeki, terutama dengan cara bersedekah?' ' ujar Ustad Yusuf Mansur.

************ ****

Comments

Popular Posts