Adab dan Pengaruh Doa

Doa adalah bukan hanya memohon sesuatu kepada Allah swt, tetapi juga sebagai tempat pengaduan kepada-Nya tentang segala persoalan yang kita hadapi dalam hidup. Baik yang menyenangkan atau yang menakutkan. Yang menyenangkan doa sebagai wasilah untuk menyampaikan rasa syukur kepada Yang Maha Dermawan. Yang menakutkan sebagai wasilah untuk memohon perlindungan dan penjagaan dari-Nya.
Betapa indahnya dalam kesendirian kita mengadu, merintih dan menangis kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Saat hati sedang khusuk, tak terasa air mata sejuk mengalir saat bermunajat dalam keheningan malam. Saat itulah mengalir hakikat keindahan dan kebahagiaan ke dalam kalbu kita. Betapa indahnya sekiranya suasana ini mewarnai kehidupan kita. Kehidupan inilah yang sebenarnya menjadi harapan setiap manusia. Lebih dari itu, jika suasana ini dapat dirasakan oleh anggota keluarga kita. Inilah wujud sebenarnya dari keluarga sakinah dan bahagia.
Selain sebagai pengaduan, doa juga sebagai sarana untuk memohon hajat kepada Allah Yang Maha Dermawan. Baik kebutuhan duniawi maupun ukhrawi. Agar doa kita didengar dan diijabah oleh Allah Yang Maha Mendengar, dan berpengaruh dalam kehidupan kita, tentu kita harus mengenal syarat-syaratnya dan mengamalkan adab-adabnya.

Comments

Popular Posts