BERIKAN MAKNA PADA SETIAP KEKALAHAN

Oleh Eko Jalu Santoso, Weblog: www.ekojalusantoso. com



Apakah Anda salah satu pencinta sepakbola ? Kalau ya, pasti Anda t id ak akan melewatkan pertandingan sepakbola antara Indonesia melawan Korea Selatan tadi malam. Sebuah harapan besar yang t id ak hanya menjadi milik pemain kesebelasan Indonesia , tetapi juga menjadi harapan berjuta-juta masyarakat pencinta sepakbola Indonesia agar tim Indonesia mampu mengukir sejarah baru, akhirnya harus kandas oleh kesebelasan Korea Selatan. Kekalahan itu tentu menyakitkan t id ak hanya bagi pelatih dan pemain, namun juga bagi pencinta sepakbola Indonesia . Kekalahan itu telah menjadi perbincangan hampir di semua sudut-sudut kantor di pagi hari ini.



Sahabat, begitulah warna-warni keh id upan dalam pertandingan olahraga ataupun dalam permainan lainnya, selalu ada kekalahan dan kemenangan. Demikian halnya dengan keh id upan kita, ada masanya dalam keh id upan seseorang akan mengalami masa-masa sulit, masa-masa kekalahan atau kegagalan. Setiap orang pasti pernah mengalami masa-masa kekalahan. Cepat atau lambat, masa-masa sulit seperti itu pasti akan datang dalam keh id upan setiap orang. Dan reaksi masing-masing pribadi sesungguhnya akan sangat menentukan bagaimana kualitas keh id upan, kebahagiaan dan kesuksesan seseorang di masa depannya.



“Seorang pecundang tak tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah, tetapi sesumbar apa yang akan dilakukannya bila menang. Sedangkan, pemenang t id ak berbicara apa yang akan dilakukannya bila ia menang, tetapi tahu apa yang akan dilakukannya bila

kalah.”

- Eric Berne -



Mulai ketika kita terlahir di dunia ini, setiap diri pribadi sudah di takdirkan akan mengalami berbagai tantangan keh id upan, mulai dari kesulitan dan kemudahan, kegagalan dan kesuksesan, kemenangan dan kekalahan dalam h id upnya. Tiap-tiap diri sesungguhnya telah ditakdirkan untuk menjumpai saat-saat sulit ataupun saat-saat menerima kekalahan seperti ini.



Adakah Anda pernah mengalami kekalahan, kesulitan dan kegagalan ? Bagaimana Anda menyikapinya ? Ataukah Anda pernah melihat sendiri, rekan anda, sahabat anda, orang terdekat anda yang sudah sekian lama berusaha, namun masih belum mencipta sebuah kemenangan atau keberhasilan ? Bagaimana mereka menyikapi masa-mas sulit seperti ini ? Sahabat, lihatlah lebih cermat lagi, mungkin kita akan mendapati bahwa masa-masa sulit, menrima kekalahan seringkali telah menjadikan kesempatan bagi sebagian orang untuk terus maju, namun juga banyak menjadikan orang malah semakin terpuruk dalam kemalangan. Itu semua adalah bagaimana mereka menyikapinya.



Kekalahan dalam h id up kita bisa memberi kita "inspirasi" atau "keputusasaan". Bagai mereka yang yang termasuk kelompok “Quitters” – orang-orang yang mudah menyerah – kekalahan dalam keh id upan seringkali menjadikan mereka semakin terpuruk dalam kemalangan. Namun t id ak demikian bagi mereka yang termasuk kelompok “Climbers” – orang-orang yang selalu optimis dan berpikir positif – mereka dapat memberi makna pada setiap kekalahannya dalam keh id upan untuk terus bersemangat kerja sampai benar-benar mendapatkan apa yang mereka inginkan. Termasuk kelompok manakah diri Anda ?



Berikanlah makna pada setiap kekalahan, dan transformasikan menjadi sesuatu yang lebih berharga. Pertumbuhan kepribadian kita seharusnya adalah proses merespon setiap masalah, kesulitan dan perubahan secara positif. Evaluasi kekalahan yang kita terima, kemudian lakukan perubahan melalui cara-cara yang lebih baik untuk meraih kemenangan. Persiapkan diri anda menghadapi masa depan yang lebih berarti.



Bukankah sebuah batu yang awalnya tak berharga akan dapat menjadi sesuatu yang amat berharga bila kita gosok. Begitu juga diri kita, h id up kita, kita tak akan pernah menemukan potensi dalam diri kita, kalau t id ak pernah kita mencobanya. Jangan pernah bilang kita bisa sukses tanpa melewati kekalahan-kekalahan . Jangan pernah bioalng kita dapat berhasil tanpa melalui perubahan-perubahan .



Bukankah mempersiapkan diri dari sekarang akan lebih baik dari pada hanya menunggu datangnya masa-masa sulit dalam keh id upan kita ?. teruslah berjuang untuk meraih kemenangan.



Salam Motivasi Nurani.

Comments

Popular Posts