Dzikir Jiwa

Dzikir Jiwa
Penulis : Ratu Karitasurya

------------ --
KotaSantri.com : Saudaraku...

Akhlaq yang baik adalah cerminan baiknya aqidah dan syari'ah yang diyakini seseorang. Buruknya akhlaq merupakan indikasi buruknya pemahaman seseorang terhadap aqidah dan syari'ah. Akhlaq juga merupakan buah dari ibadah (QS. 29 : 45, 2 : 197).

Jika Allah tidak mencintaimu, maka Ia tidak akan menamaimu dengan Islam, yaitu dengan menganugerahkan keislaman. Dan tidak pula menamaimu dengan nama iman, yaitu menganugerahkan keimanan.

Beritahu aku, apakah menurutmu derajatmu itu adalah yang paling rendah dengan posisimu sebagai seorang muslim? Apakah salah seorang di antara kita mengklaim bahwa ketika di dalam perut ibunya, ia berdo'a kepada Tuhannya agar Allah mengeluarkannya dalam keadaan muslim? Dan Allah mengabulkannya?

Atau ia beramal untuk mendekatkan diri kepada Allah agar Allah memasukkannya ke dalam golongan ahlul-yamiin, yaitu golongan penghuni surga, ketika ia masih jauh berada dalam rusuk ayahnya? Dan Allah mengabulkannya?

Wahai saudaraku, pujilah Allah dan bersyukurlah karena keutamaan yang Allah berikan kepadamu. Sungguh merupakan suatu hal yang mungkin terjadi, kamu menjadi bahan bakar neraka, lahir dalam keadaan kafir, dan mati dalam kekafiran juga. Namun Allah mencintaimu, Allah menjagamu dari penyembahan kepada makhluk-makhlukNya, Allah membuatmu hanya bersujud kepada yang Menciptakan raja dan hamba sahaya, Allah menjagamu dari bersujud kepada berhala dan menundukkanmu kepada yang menciptakanmu dari ketiadaan.

Wahai saudaraku, dosa demi dosa kamu jalani, namun kamu harapkan pahala dan kemuliaan taman surgawi. Sedang kamu lupa, bahwa Allah mengeluarkan Adam dari sisiNya. Turun ke dunia fana, hanya karena satu dosa.

Wahai anak Adam, kamu dalam keadaan menangis ketika ibumu melahirkanmu, tapi orang-orang di sekitarmu tertawa gembira. Maka beramallah untuk hari dimana ketika mereka semua menangis dan kamu tertawa gembira, yaitu pada hari kematianmu.


Referensi : Tulisan Dr. Khalid Abu Syadi

------------ --------
Jadikanlah Sabar dan Shalat Sebagai Penolongmu. Dan Sesungguhnya Yang Demikian itu Sungguh Berat, Kecuali Bagi Orang-Orang yang Khusyu [ Al Baqarah : 45 ]

Comments

Popular Posts