Friday, February 15, 2008

Pribadi Tangguh

Pribadi Tangguh
By:Erwin Arianto

Teringat nasihat seorang Dosen kala saya akan menyelesaikan skripsi, dia perkata jadilah pribadi tangguh dalam menjalani kehidupan di masyarakat, karena kehidupan di masyarakat sangat berat, dan jangan patah arang karena aral dan rintangan. sungguh nasihat yang saya kenang sampai saat ini.
Pribadi tangguh menentukan ketegaran dan ketahanan diri menghadapi tantangan dan kendala, Pribadi tangguh mampu merespon dengan tepat tantangan dan peluang. Seorang yang berpribadi tangguh selalu Senantiasa menyadari bahwa hidup di dunia ini hanya satu kali sehingga aku tidak boleh gagal dan sia-sia tanpa guna. dan selalu siap dengan kondisi yang akan di hadapinya.
Seorang yang berpribadi tangguh,menegatuhi bahwa Pengetahuanku yang dimilikinya amat terbatas , tetapi dia selalu mempersiapkan keadaan untuk menghadapi kenyataan yang tak sesuai dengan harapan. Karena dia berpendapat mungkin itulah yang terbaik untuknya.Pribadi Tangguh kualitas pribadi dengan kompetensi tinggi, karakter/akhlak mulia yang didasari keimanan mantap.
manusia yang berpribadi tangguh tidak pernah menyalahkan orang lain/situasi atas kegagalan yang diterimanya. memang, banyak alasan kenapa orang jadi suka menyalahkan orang lain. Termasuk di antaranya karena takut kelihatan buruk, malu mengakui, gengsi, supaya kesalahannya tidak tampak terlalu buruk, mengurangi rasa bersalah atau pun usaha 'bagi-bagi kesalahan' sehingga beban bersalah jadi lebih kecil. Namun, apa pun alasannya, sejauh orang tidak belajar bahwa ia punya kontribusi atas situasi kesalahan yang ia alami, maka pribadi ini tidak akan pernah belajar menanggung risiko.
Ketika ada masalah dan kesulitan, maunya adalah cepat-cepat menghindar. Akibatnya, pribadi ini terus menjadi pribadi yang lembek dan tidak tahan banting. Mereka tidak pernah belajar menjadi pribadi yang lebih tangguh karena tidak belajar bertahan menerima konsekuensi dari sikapnya yang salah. Beberapa contoh pribadi tangguh yang tidak menyalahkan tetapi tetap berusaha bangkit dari keterpurukan
Proses pengembangan pribadi yang tangguh adalah dengan usaha untuk mengubah kualitas pribadi (a.l. kemampuan, persepsi, karakter, sikap, keyakinan) yang semula kurang baik menjadi baik, atau meningkatkan kualitas-kualitas yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Secara umum pengembangan pribadi ini diawali dengan niat atau motivasi untuk meningkatkan diri, karena menyadari ada kesenjangan antara kondisinya saat ini dengan kondisi yang diidamkan. Hal ini perlu didasari oleh kesadaran bahwa dirinya memiliki berbagai potensi berupa pembawaan, sifat, rasa, kecerdasan, karakter, pola pikir, kemampuan menilai kondisi diri dan "menentukan nasib" dengan segala kekuatan dan kelemahannya. Selanjutnya potensi-potensi ini perlu direalisasikan dalam keseharian dengan menerapkan asas-asas kesuksesan serta mendapat dukungan lingkungan terdekat.
Pribadi Tangguh yang utuh adalah Tangguh secara mental, moral dan fisik, seorang pribadi tangguh terus mempunyai motivasi tinggi untuk muncul sebagai pemenang di setiap pertempuran, serta Mengintegrasikan kompetensi tinggi dengan akhlak terpuji sehingga mewujudkan pribadi-pribadi tangguh
Kondisi saat ini juga memberi peluang besar bagi bangsa-bangsa di dunia untuk saling berinteraksi, sekaligus membawa ke suasana kompetisi atau persaingan yang semakin ketat dalam memperoleh kesempatan untuk mengisi kehidupan dan membuatnya menjadi bermakna (bisa sekolah, bisa bekerja dan mencari nafkah, dan sebagainya). Persaingan ini memerlukan ketangguhan dan keuletan dalam menghadapinya. Kebutuhan untuk "menjadi seseorang" dan "menjadi bagian" yang jelas kedudukannya bisa menjadi landasan untuk menumbuhkan motivasi pengembangan diri dan kemampuan beradaptasi.
Saat ini di lingkungan industri, perusahaan, organisasi masyarakat, banyak menghadapi masalah. ketangguhan pribadi menjadi salah satu hal yang paling banyak mendapat perhatian, karena makin disadari perlunya pribadi-pribadi dengan kemampuan dan ketrampilan tinggi yang dianggap merupakan unsur penentu dalam meraih kesuksesan di berbagai bidang.
Pribadi yang tangguh diharapkan selalu produktif dan memberi kemanfaatan besar bagi dirinya sendiri, keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat sekitarnya. Mereka adalah SDM profesional yang pakar dalam bidangnya dan diharapkan menjadi pribadi tangguh dalam menghadapi berbagai kendala serta menjadi teladan serta menjadi panutan menuju keberhasilan. Lebih-lebih saat persaingan makin tajam dan ketat seperti sekarang masalah ketangguhan menjadi harapan utama untuk survive dan memenangkan persaingan dalam segala hal.
Pribadi yang tangguh erat kaitannya dengan pembentukan rasa percaya diri dan menumbuhkan motivasi untuk berusaha dan meraih kesempatan agar dapat senantiasa meningkatkan diri. Sikap yang mandiri, tak gentar menghadapi rintangan, mampu berpikir kreatif dan bertindak inovatif tapi juga peduli lingkungan adalah sosok yang diperlukan untuk menjalani kehidupan dalam era globalisasi. Jelas bahwa pengembangan sikap dan perilaku tersebut merupakan tuntutan yang lebih berat daripada hasil pendidikan yang menjadi tanggung jawab generasi sebelumnya. Kemampuan mengantisipasi masa depan dengan berbagai alternatif untuk mengatasi permasalahannya dapat dilakukan dengan. Manusia tak lepas dari lingkungannya. Kecenderungan mengikuti gaya hidup. Pribadi yang tangguh mampu menumbuhkan motivasi berprestasi tinggi atau dikenal sebagai need for achievement.
jadi mari kita bentuk diri kita menjadi manusia yang tangguh, yang siap menerima tantangan dalam keterbatasan kita. siap menerima kegagalan untuk meraih keberhasilan kita. karena kesuksesan akan menunggu akan datang ke pada kita, ketika kita bisa menghadapi semua rintangan yang ada, menjadi manusia tangguh adalah kebutuhan dalam menjalan kan hidup ini.
Jadi setangguh apakah diri kita.. mari menjadi tangguh, untuk menjalani hidup, dan menggapai mimpi yang kita punya...(EA)
Post a Comment

tes

tes

soal tes cpns

Motivated

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan. The way to get started is to quit talking and begin doing. ~ Walt Disney, Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. ~ Imam An Nawaw, Motivasi itu seperti mandi; kalau Anda berhenti melakukannya maka Anda akan "melempem" lagi, sama seperti Anda akan bau lagi bila berhenti mandi. ~ Z ig Ziglar ~ , Successful people live well, laugh often, and love much. They've filled a niche and accomplished tasks so as to leave the world better than they found it, while looking for the best in others, and giving the best they have. , It is literally true that you can succeed best and quickest by helping others to succeed. , There is always the danger that we may just do the work for the sake of the work. This is where the respect and the love and the devotion come in - that we do it to God, and that's why we try to do it as beautifully as possible. , Life is a promise; fulfill it, If a man is called to be a street sweeper, he should sweep streets as Michelangelo painted, or Beethoven composed music, or Shakespeare wrote poetry. He should sweep streets so well that all the hosts of heaven and earth will pause to say, here lived a great street sweeper who did his job well. , Success is a state of mind. If you want success, start thinking of yourself as a success. , Be what it is that you are seeking. , Every new day is an opportunity to balance the sheet; a new opportunity to put your act right! Thank God for every new day, rather than just for Friday., There is no such thing in anyone's life as an unimportant day. ,What would life be if we had no courage to attempt anything? , It's what you learn after you think you know it all that makes a difference. , The difference between great people and everyone else is that great people create their lives actively, while everyone else is created by their lives, passively waiting to see where life takes them next. The difference between the two is the difference between living fully and just existing. , We are all faced with a series of great opportunities brilliantly disguised as impossible situations. , You cannot control what happens to you, but you can control your attitude toward what happens to you, and in that, you will be mastering change rather than allowing it to master you. , Those who wait to do a great deal of good at once will never do anything. Life is made up of little things. True greatness consists in being great in the little things. , Great lives are the culmination of great thoughts followed by great actions. , There are two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle. The other is as though everything is a miracle.,