Membangun Jiwa Mandiri

Membangun Jiwa Mandiri
Oleh K.H. ABDULLAH GYMNASTIAR

SEMOGA Allah memberi kemampuan kepada kita untuk membaca potensi yangtelah Allah berikan. Menggali dan mengembangkan diri kita dengan baiksehingga hidup di dunia yang hanya satu kali ini tidak menjadi bebanbagi orang lain. Bahkan hidup kita akan terhormat jika dapatmeringankan beban orang lain. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.,sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling banyak manfaatnya.

Benar, bahwa dalam hidup ini kita pasti membutuhkan orang lain. Itupasti! Tetapi menikmati hidup dengan membebani orang lain adalah hidupyang tidak mulia. Kita sepakat bahwa para peminta cenderung lebihrendah daripada para dermawan. Orang yang mau meminjam cenderung lebihrendah dibanding dengan orang yang memberi pinjaman. Orang yangberharap pertolongan kepada manusia, lebih rendah posisinya dibandingdengan orang yang memiliki kemampuan menolong banyak orang.

Saudaraku, menjadi manusia yang mandiri adalah manusia yang akanmemiliki harga diri. Mandiri adalah sumber percaya diri. Mandirimembuat kita lebih tenteram diri. Bangsa mandiri adalah bangsa yangakan punya harga diri.

Dalam Alquran ditegaskan bahwa Allah tidak mengubah nasib suatu kaumsebelum kaum itu gigih mengubah nasibnya sendiri. Kita tidak bisamenyalahkan orang-orang yang mengancam, memboikot, menghalangi kita.Kita diberi kemampuan oleh Allah untuk mengubah nasib kita. Berarti,kemampuan kita mandiri untuk mengarungi hidup ini merupakan kunci yangdiberikan oleh Allah untuk sukses di dunia dan, insya Allah, diakhirat kelak.Keuntungan mandiri, pertama, kita akan punya wibawa sendiri.Sehebat-hebatnya seorang peminta, pasti tidak akan punya wibawa.

Keuntungan kedua dari kemandirian adalah hidup akan lebih tenangkarena bertumpu pada kekuatan sendiri. Seorang ibu tidak akan takutdengan kekhawatiran jika suami meninggal atau pensiun, karena semuarezeki sudah disiapkan oleh Allah SWT. Tidak ada satu makhluk punkecuali sudah disiapkan rezekinya. Tugas kita menjemput dan mencarikarunia Allah SWT.

Keuntungan ketiga, kita makin percaya diri dalam menghadapi hidup ini.Orang-orang yang terlatih menghadapi masalah sendiri akan berbedasemangatnya dalam mengarungi hidup ini dibanding orang yang selalubersandar dan bergantung kepada orang lain.Orang-orang yang mandiri cenderung lebih tenang dan lebih tenteramdalam menghadapi hidup ini. Selain dia siap mengarungi, dia jugamemiliki mental yang mantap. Ingat, mandiri itu adalah sikap mental.Oleh sebab itu, kita harus memulai untuk membiasakannya menjadi bagiandari hidup kita.***

Comments

Popular Posts