Forgiving means 1 step ahead to live healthy...

take from email :...


Forgiving means 1 step ahead to live healthy...

Let's forgive & get healthy everyday... Ingin hidup sehat, jangan berat hati memaafkan kesalahan orang lain.Penelitian menunjukkan, orang yang sulit memberi maaf lebih berisikoterkena serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya.

Dalam kondisi yang tidak mendukung, misalnya jalanan macet, cuaca yangpanas, atau belum gajian, kemarahan orang lebih mudah tersulut. Hal-halkecil bisa bikin kesal setengah mati bahkan sampai dendam berhari-hari.

Marah atau kekesalan emosi yang melonjak tinggi dijamin nggak sehat buattubuh. Jika seulas senyum kecil saja melibatkan kontraksi ratusanjaringanotot dan syaraf, apalagi marah yang jelas-jelas menggunakan ekstraenergi.Tubuh kita pastinya lelah banget!

Seseorang diminta bercerita tentang pengkhianatan yang pernahdialaminya.Selama bercerita peneliti mengukur tekanan darah, detak jantung,ketegangan di otot dahi, dan respon ketegangan di kulit.

Hasilnya, orang yang mudah memaafkan memiliki tekanan darah yang lebihrendah. Sedangkan sebaliknya, orang yang sulit memaafkan atau masihmenyimpan dendam, tekanan darahnya cenderung tinggi.

Ketika membicarakan sesuatu yang mengesalkan, tekanan darah seseorangcenderung meningkat. Tapi memaafkan kesalahan membuat orang marah jauhlebih sehat.

"Memaafkan bisa meningkatkan kesehatan karena mengurangi bebanpsikologisyang berat. Beban tersebut berasal dari stress tersimpan yang bersumberdari perasaan terluka atau tersinggung, " jelas Kathleen Lawler Ph.Dkepalapeneliti di Universitas Tennesse.

Memaafkan memang bukan hal yang mudah dan butuh latihan yang cukupsering.Tapi setelah anda menjadi orang yang pemaaf, dijamin pasti banyakperubahan hidup yang anda alami.

Orang yang pemaaf biasanya lebih berempati, hangat, dan menunjukkanbanyakperilaku-perilaku positif. Mereka juga biasanya lebih rukun dalamberhubungan dengan orang-orang sekitarnya dan bisa mengkomunikasikanperasaannya lebih baik.

Sulit memaafkan orang? Kathleen Lawler menyarankan beberapa langkahberikut:1. Hadapi kenyataan. Sakit hati atau kenyataan pahit memang sulitditerima. Tapi menerima dan berani menghadapi dengan ikhlas akan membuatanda lebih mudah memaafkan ketimbang menghidari atau menyangkalnya.

2. Berpikir dari sisi lain. Wajar saja ketika marah yang kita pikirkanhanya diri kita sendiri. Tenangkan diri sebentar, lalu coba bawa diriandake pikiran orang yang berbuat salah kepada anda. Coba pahami sebab danapayang membuat ia melakukan kesalahan pada anda. Latihan ini akan membuatanda mudah berempati kepada orang lain. Dengan berusaha memahami isikepala si pembuat kesalahan, biasanya kita akan lebih mudah memaafkan.

3. Singkirkan dendam dan maafkan kesalahan. Siapa saja punya pilihandalamhidup. Jika seseorang punya kesalahan, anda bisa memilih untuk memaafkanatau tidak memaafkan. Dari uraian di atas pastinya anda sudah semakintahumana yang anda pilih. Jika dengan memaafkan hidup lebih tenang dan badanlebih sehat, kenapa tidak dicoba saja?

Maaf adalah kata singkat yang kadang sulit diucapkan. Tapi sekalinyaandamemberi maaf dengan ikhlas dan tulus anda akan mengurangi risiko terkenapenyakit jantung, stroke, ginjal, darah tinggi, atau kematian karenamarah yang berlebihan.

Selain itu, memberi maaf bisa membebaskan anda dari rasa marah, depresi,kesal, dan bahkan bisa mendongkrak rasa percaya diri. Sedikit fakta,sebuah studi lain dari Universitas Michigan Amerika menemukan, orangberusia 18-40 tahun lebih sulit memaafkan ketimbang orang yang lebih tuadari usia tersebut.
.

Comments

Popular Posts