DENGAN SHOLAWAT




Suatu hari didalam sebuah perjalanan, ketika tiba waktu sholat, Syeikh Muhammad Jazuli menghampiri sebuah sumur untuk berwudhu, akan tetapi beliau tidak menemukan timba untuk mengambil air dari dalam sumur.

Dalam keadaan bingung seperti itu, tiba-tiba dari tempat yang lebih tinggi seorang gadis kecil yang sedang memperhatikan beliau, berkata :
"Siapakah anda?"

Syeikh Jazuli kemudian menyebutkan jati dirinya.

"Engkaukah pria yang dipuji-puji dan disebut sebagai orang baik akan tetapi bingung bagaimana mengeluarkan air dari dalam sumur tersebut?" ujar sang gadis kecil.

Gadis itupun segera berjalan mendekati mulut sumur kemudian ia meludah kedalamnya, tiba-tiba air sumur itu naik ke atas hingga luber ke permukaan.

Menyaksikan peristiwa yang menakjubkan itu, Syeikh Jazuli segera berwudhu dan setelah itu, ia berkata : "Aku memohon kepadamu dengan bersumpah kepada Allah, tolong jawab pertanyaanku, bagaimana engkau dapat mencapai kedudukan yang mulia ini?"

"Dengan banyak bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad ﷺ" ujar gadis kecil itu.

Sejak saat itu, Syeikh Jazuli bersumpah untuk menulis sebuah buku tentang Shalawat, dan beliau pun mengarang kitab "Dalail Khoirot".



📝Dikutip dari : Buku "Manusia Langit" oleh Habib Novel bin Muhammad Al-'aydrus


_

Comments

Popular Posts