Friday, June 17, 2011

RAHASIA SUKSES UJIAN CPNS 2011


RAHASIA SUKSES UJIAN CPNS 2011

Baca sampai habis artikel ini ada link rahasia tembus pns di bawah postingan ini. Sampai jumpa kembali pada artikel saya kali ini, Seperti kita ketahui, Mencari kehidupan untuk masa depan yang lebih baik adalah pilihan setiap orang, terutama di Indonesia masih banyak anggapan bahwa menjadi PNS akan memberikan masa depan yang lebih baik karena adanya fasilitas tunjangan keluarga, pensiun, dan kemudahan serta fasilitas lainnya.
Maka tidaklah heran bila setiap tahunnya test CPNS membludak…, penuh oleh pelamar. Namun dengan membludaknya pendaftaran test CPNS maka semakin kecil pula peluang untuk lulus, karena persaingan tentunya banyak sekali.
Terkadang yang dicari cuma 2 orang tapi yang daftar bisa lebih dari 300an, bisa lulus gak ya?? Perlu anda ketahui bahwa faktanya :
  1. 60% para peserta test masuk CPNS adalah orang yang berniat mencoba-coba peruntungannya (mitos untung-untungan masih berlaku dikalangan masyarakat kita saat ini), atau mungkin dia sudah punya kerjaan tetapi mencoba siapa tahu lulus CPNS jadi bisa lebih baik.
  2. 20% peserta test masuk CPNS adalah orang yang baru lulus kuliah dan tentunya ingatan dan semangatnya masih sangat segar.
  3. 10% peserta test masuk CPNS adalah orang yang merasa dirinya pasti lulus dan menganggap test ini hanya formalitas, misalnya karena dia sudah lama menjadi honorer yang memang sudah ada tempat untuknya atau karena hal lainnya…
  4. dan mungkin kurang dari 10% orang yang memang bersungguh2 untuk belajar dan mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan tempat menjadi abdi negara/PNS.
Terlepas dari hal itu, kita harus usaha dan doa dan jangan berkecil hati bila melihat pelamar yang begitu banyaknya… setidaknya lebih baik mencoba daripada mundur sebelum perang.
Sebelum itu anda harus melakukan beberapa hal apabila anda ingin memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi :
  • Carilah informasi setiap instansi tentang penerimaan CPNS setiap tahunnya, bisa dengan cara searching di internet, di Depnaker, atau melalui teman2 anda apalagi jika memiliki teman yang juga kerja di instansi tertentu.
  • Biasakan membaca dan latihan dengan buku test CPNS yang banyak dijual dipasaran, meskipun anda sekarang sedang menjadi karyawan swasta atau kerja serabutan.. sempatkan seminggu 3x untuk latihan soal agar otak anda tetap tajam meski sudah lama lulus dan tidak pernah buka buku kuliah lagi. Dengan latihan akan membiasakan anda dalam menghadapi soal… terus aja belajar meskipun belum tahu kapan akan ada penerimaan CPNS.
  • Dalam mengasah kemampuan anda, latihan dilakukan dengan porsi 40% Test Pengetahuan Umum (TPU), dan 60% Test Bakat Skolastik (TBS) artinya perbanyaklah latihan TBS. Ini dikarenakan TBS banyak bersifat hitungan dan rumus, jadi memudahkan kita untuk mempelajarinya dengan cara menghafal pola dan rumusnya… kalo TPU itu materinya terlalu umum sehingga susah bagi kita untuk mengingat semua materinya.
  • Tetaplah bersemangat untuk mengerjakan latihan2, atau bahkan jadikan itu seperti kebiasaan anda sambil menunggu adanya penerimaan CPNS.
  • Cara latihan mengerjakan soal yang baik ialah dengan sering mengulanginya, jangan melihat lembar jawabannya dulu.. Misal latihan tahap pertama, kerjakan dengan perlahan kemudian setelah selesai beri nilai terhadap pekerjaan anda (orang lain boleh menilainya dengan melihat lembar jawaban yang ada, bila perlu anda tidak boleh tahu lembar jawabannya) bila nilai kurang dari 70% ulangi lagi. Latihan tahap Kedua, gunakan waktu dalam menjawab misalnya diberi batas waktu 60 menit untuk 50 soal.. Ulangi terus sampai anda bisa mendapat nilai minimal 70%
Bila masa penerimaan CPNS telah tiba, inilah saatnya bagi anda untuk berperang. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk berperang pada test CPNS… (100% Jujur) :
Sebelum pelaksanaan test
  • Lihat semua pengumuman penerimaan CPNS disetiap instansi, kumpulkan informasi penerimaan CPNS yang mencari jurusan ijazah yang anda miliki.
  • Masukkan semua berkas lamaran pada semua instansi yang mencari jurusan anda dan ambil nomor ujiannya (masukin aja dulu, nanti baru kita tentukan mau ujian dimana karena biasanya tanggal ujiannya serentak).
  • Bila pengumuman nama2 peserta CPNS telah diumumkan pilihlah di instansi mana yang jumlah pesertanya paling sedikit, yah ini karena kemungkinannya paling tinggi jadi persaingannya gak terlalu banyak.
  • Siapkan perlengkapan perang anda… Belilah perlengkapan alat tulis yang baik dan bagus, misalnya pensil 2B harus asli, papan untuk alas, penghapus karet yang bagus, pulpen, dan persiapan lainnya.
  • Pakailah jam tangan untuk mengetahui waktu saat ujian nanti.
  • Selalu berdoalah kepada Tuhan karena segala usaha yang kita lakukan akan mendapat rahmat dan ridhoNya.
Saat Pelaksanaan Test
  • Isilah identitas nama dan nomor test anda dengan benar pada lembar jawaban, perhatikan kolom2 isian yang harus dihitamkan dengan seksama jangan sampai salah, begitu pula pada saat menjawab lakukan dengan perlahan dan hati2.
  • Pada saat soal dibagikan, jangan terburu2 mengerjakan… lihatlah berapa jumlah seluruh soal dan berapa waktu yang harus dikerjakan. Faktanya waktu yang disediakan sangat mepet sekali sehingga kemungkinan besar kita tidak mungkin menjawab semua soal bila kita berfikir dengan sungguh2.. Misal 60 menit untuk 50 soal, itu berarti waktu anda hanya 1 menit 20 detik untuk tiap soal, kira2 dengan waktu tersebut sungguh susah untuk mengerjakannya dengan sangat akurat seperti latihan (kalo latihan kan sering kita ulang2).
test masuk cpns
Cara Mengerjakan Soal
Cara mengerjakan yang baik adalah seperti kuiz2 di televisi gitu, ada 3 pilihan metode menjawab yaitu :
  1. Jawablah yang menurut anda kemungkinan benarnya 80-100%,
  2. Bila dalam 1 soal ada 2 jawaban yang ragu2 (50:50 kemungkinan benarnya) maka beri tanda dengan pensil dan tinggalkan, cara ini juga berlaku bila anda meragukan sebuah jawaban,
  3. Untuk soal yang sama sekali tidak anda ketahui secara pasti sebaiknya anda tinggalkan.
  • Langkah yang anda harus lakukan adalah menjawab semua soal sesuai dengan metode diatas, baca soal dengan perlahan kemudian lakukan sesuai dengan metode 1, 2, dan 3… Baca berurutan mulai dari soal 1 dampai selesai.
  • Selanjutnya kembali ke soal yang ditandai dengan pensil (metode 2) disini anda meragukan 2 jawaban atau sebuah soal yang bernilai 50:50 kemungkinan benarnya, nah anda boleh menebak salah satu dari 2 jawaban ini karena mungkin benar mungkin salah (untung2an maksudnya, tetapi nilai untung2annya 50%) Anda harus cepat mengambil keputusan karena sisa waktunya sangat pendek.
  • Langkah terakhir adalah soal yang sama sekali tidak anda ketahui, soal ini adalah soal untung2an. Ini terakhir kali dikerjakan bila sisa waktu tinggal 3-5 menit… Cara melakukannya adalah dengan melihat komposisi jawaban yang telah anda isi sebelumnya lihat mana yang paling banyak, misalnya yang paling banyak diisi adalah pilihan A. Maka isilah/hitamkanlah jawaban dari soal yang tidak anda ketahui itu dengan pilihan A semua… Misal ada sisa 20 soal yang anda tidak ketahui, maka 20 soal itu diisi A semua.
  • Pastikan tidak ada jawaban yang kosong, periksa kembali apakah nama dan nomor peserta telah benar, hapuslah tanda2 yang anda buat di lembar soal.
  • Kumpulkan pekerjaan anda..
Catatan :
Kerjakanlah soal dengan kemampuan anda sendiri, jangan melirik2 kekanan kiri atau risau dengan peserta lainnya yang sudah keluar duluan. Selalu perhatikan sisa waktu, bila sisa waktu masih mencukupi cobalah menjawab soal2 yang masih ragu menurut anda.mau tau rahasianya tembus pns anda bisa klik link ini Tembus pns 2011semoga berhasil.
Sumber Artikel: Bpk Irvan di  http://fansmania.wordpress.com
Post a Comment

tes

tes

soal tes cpns

Motivated

Cara memulai adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan. The way to get started is to quit talking and begin doing. ~ Walt Disney, Niat adalah ukuran dalam menilai benarnya suatu perbuatan, oleh karenanya, ketika niatnya benar, maka perbuatan itu benar, dan jika niatnya buruk, maka perbuatan itu buruk. ~ Imam An Nawaw, Motivasi itu seperti mandi; kalau Anda berhenti melakukannya maka Anda akan "melempem" lagi, sama seperti Anda akan bau lagi bila berhenti mandi. ~ Z ig Ziglar ~ , Successful people live well, laugh often, and love much. They've filled a niche and accomplished tasks so as to leave the world better than they found it, while looking for the best in others, and giving the best they have. , It is literally true that you can succeed best and quickest by helping others to succeed. , There is always the danger that we may just do the work for the sake of the work. This is where the respect and the love and the devotion come in - that we do it to God, and that's why we try to do it as beautifully as possible. , Life is a promise; fulfill it, If a man is called to be a street sweeper, he should sweep streets as Michelangelo painted, or Beethoven composed music, or Shakespeare wrote poetry. He should sweep streets so well that all the hosts of heaven and earth will pause to say, here lived a great street sweeper who did his job well. , Success is a state of mind. If you want success, start thinking of yourself as a success. , Be what it is that you are seeking. , Every new day is an opportunity to balance the sheet; a new opportunity to put your act right! Thank God for every new day, rather than just for Friday., There is no such thing in anyone's life as an unimportant day. ,What would life be if we had no courage to attempt anything? , It's what you learn after you think you know it all that makes a difference. , The difference between great people and everyone else is that great people create their lives actively, while everyone else is created by their lives, passively waiting to see where life takes them next. The difference between the two is the difference between living fully and just existing. , We are all faced with a series of great opportunities brilliantly disguised as impossible situations. , You cannot control what happens to you, but you can control your attitude toward what happens to you, and in that, you will be mastering change rather than allowing it to master you. , Those who wait to do a great deal of good at once will never do anything. Life is made up of little things. True greatness consists in being great in the little things. , Great lives are the culmination of great thoughts followed by great actions. , There are two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle. The other is as though everything is a miracle.,